PEWARNA Daerah DKI Jakarta Gelar Orientasi dan Pelatihan Jurnalistik di Ghra Oikoumene PGI


REFORMATANEWS.COM, Jakarta - PEWARNA DAERAH DKI Jakarta dalam hal ini  Divisi Sertifikasi dan Kompetensi Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (PEWARNA Indonesia) yang digawangi Helen Siregar, S.H dan Labora Nababan, S.E. melaksanakan Giat Orientasi Organisasi dan Kewartawanan serta Pelatihan Jurnalistik PEWARNA Indonesia Provinsi DKI Jakarta yang digelar di Media Center PGI yang beralamat di Jalan Salemba Raya No. 1 Jakarta Pusat pada Kamis (2/5/2024) Pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB. 

Kegiatan diawali dengan ibadah yang dipandu oleh    Elly Simatupang, S.P membuat suasana atmosfir semakin hidup. Lalu dilanjutkan dengan giat Penyajian materi dari kelima Nara sumber yang ada dipandu oleh Suwidodo Ketua Hubungan Antar Lembaga (Hubal) DKI Jakarta. 
Lagu Indonesia  Raya dikumandangkan sebagai wujud PEWARNA Indonesia senantiasa menumbuhkembangkan kecintaan pada tanah air serta dilanjutkan Laporan dan Sambutan berturut-turut dari Ketua Pelaksana Helen Siregar, S.H,  Pengurus PEWARNA Indonesia DKI Jakarta yang disampaikan Sekda Johan Sopaheluwakan. 
Juga Markus Saragih dari Yakoma PGI mewakili PGI sebagai fasilitatilor tempat memberikan Sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. 

Dalam sambutannya Markus Saragih mengungkapkan, "Kegiatan PEWARNA Indonesia DKI Jakarta ini merupakan giat perdana yang berhasil pecah telor penggunaan Media Center dan kami sangat mendukung kegiatan yang positif," ujar Markus. 

Hadir sebagai nara sumber dalam giat tersebut adalah: 
Yusuf Mujiono, S.Th. yaitu Ketua Umum PEWARNA Indonesia yang memberikan  Orientasi Organisasi. Apa itu PEWARNA Indonesia, Visi, Misi dan Tujuannya dalam mengusung kesetaraan dan keberagaman. 

Nara sumber kedua Johan Sopaheluwakan, S. Pd., C.EJ., C.BJ memberikan Sharing Jurnalistik dengan kembali memberikan penyegaran dan mengingatkan kembali akan isi Kode Etik Jurnalistik (KEJ). 

Usai makan siang Pukul 13.00 dilanjutkan dengan Materi Teknik Journalisme Media Online yang disajikan oleh Nick Irwan, S. Hub, Int. Ia adalah juga Pengurus Pusat PEWARNA Indonesia yang telah malang melintang selama 14 tahun di media-media mainstream dan juga pernah mengenyam Journalistic Fellowship di Amerika Serikat. 

Semakin sore semakin semarak giat pelatihan karena dihadiri oleh pemateri berkelas dimoderatori Anthony Mulya Ermando dengan Nara sumber yaitu Prof. Dr. Hoga Saragih dengan sebarek gelar yang dimilikinya dengan memaparkan materi yang terkait dengan Mewaspadai Jerat Hukum UU ITE bagi para Jurnalistik dengan pemahaman dasar bahwa manusia adalah yang menentukan berita bukan sebaliknya. 

Lalu ditutup dengan Pengawas PPHKI (Persatuan Penasihat Hukum Kristen Indonesia) Fredrik J. Pinakunary, S.H., S.E seorang advokat Internasional yang pernah mengadvokasi ketika Majalah Time digugat oleh Suharto. 

Acara diakhiri dengan foto bersama dan pembagian sertifikat Penghargaan kepada Nara Sumber juga Sponsor Utama Pimpinan Media Perisai Hukum Jerry Patty yang diberikan oleh Ketua PEWARNA Indonesia DKI Jakarta Anthony Mulya Ermando. 

Reporter: Zhargio Augusto

Related Posts:

0 Response to "PEWARNA Daerah DKI Jakarta Gelar Orientasi dan Pelatihan Jurnalistik di Ghra Oikoumene PGI"

Posting Komentar