Asian Eats 2023 Gempar Oleh Peragaan Busana Daerah Indonesia

 REFORMATANEWS.COM, - Manila, Filipina - Asian Eats 2023 gempar oleh peragaan busana daerah Indonesia, penampilan vocal group, dan tarian Indonesia. Festival makanan Asian Eats 2023 berlangsung selama 3 (tiga) hari di Grand Atrium, Shangri-La Plaza, Manila, Filipina (28-30/4).

Asian Eats 2023 ini diadakan oleh Asia Society Philippines serta diikuti oleh Indonesia, Jepang, Australia, Korea Selatan, Thailand, India, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Vietnam, dan tuan rumah Filipina. 

Menjawab pertanyaan Partogi Samosir, Direktur Asia Society Philippines, Joy Alampay menyatakan bahwa  Asian Eats 2023 adalah festival makanan unik, karena menyoroti beragam ekspresi dan perayaan masakan, seni, dan budaya Asia.  
Partogi Samosir kemudian menjelaskan kepada Direktur Asia Society Philippines tersebut bahwa, partisipasi Indonesia dalam Asian Eats 2023 tidak hanya untuk mempromosikan keragaman kuliner dan seni budaya Indonesia, tetapi juga untuk mendorong Pengarusutamaan Gender di Filipina. Partogi menginformasikan bahwa ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Manila yang dipimpin oleh ibu Ranny Widjojo berpartisipasi penuh dalam festival makanan Asian Eats 2023 ini. 

Stan makanan Indonesia pada  Asian Eats 2023 diwakili oleh Rumah Makan Padang Huang Jia, dan Restoran Bakmi Nyonya yang kualitas masakannya sudah terbukti sangat populer di Filipina. 

“Makanan Indonesia sangat digemari oleh para pengunjung. Hampir semua yang ditawarkan ludes dibeli oleh para pengunjung,” ungkap Bella Belliana Noviary, anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Manila yang hadir pada festival makanan tersebut. 

Diaspora Indonesia, Juni Mardalena Panggabean, menyatakan, “Festival makanan Asian Eats 2023 ini kembali menjadi ajang pembuktian bahwa Indonesia memang terkenal dengan makanan yang hanya memiliki dua rasa, yakni enak dan enak sekali" 

Ketika Partogi Samosir bertanya kepada sejumlah pengunjung berkebangsaan Filipina, Korea, Australia, dan Jepang, mereka menyatakan bahwa, kreativitas bangsa Indonesia punya nilai lebih, karena Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam. Sedemikian kayanya budaya Indonesia, sehingga hanya Indonesia yang tampil di keseluruhan tiga hari. Sedangkan negara-negara lain hanya menampilkan atraksinya satu hari. Bahkan tuan rumah Filipina pun hanya tampil selama dua hari saja.

Pada hari pertama, Indonesia menggoyang Grand Atrium dengan lagu-lagu yang dilantunkan oleh Indokustik yang terdiri dari gitaris Hery Kemit, perkusionis Aditya Perdana, dengan penyanyi Innang Kasim dan Mila Tarigan. Kemampuan menggoyang Grand Atrium tersebut adalah sesuatu yang wajar, karena memang, Indokustik adalah Juara Pertama Embassy’s Got Talent Philippines 2023. 

Setelah itu, seorang Chef ternama Indonesia melakukan demo masak Rendang. Melalui peragaan yang sederhana tapi produktif, Chef Bowo memuaskan petualangan gastronomi para pengunjung festival makanan Asian  Eats 2023. 

Menjawab pertanyaan Partogi Samosir, mayoritas pengunjung berkebangsaan bukan Indonesia menyatakan, “Demo masak Rendang ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami menjadi tahu cara membuat hidangan Rendang yang sudah terkenal sangat lezat itu. Besok pagi kami akan langsung mempraktekkannya di rumah kami. Sekarang kami akan membeli bumbu-bumbunya di stan Indonesia.”

Pada hari kedua, ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan KBRI Manila menggetarkan Shangri-la Plaza melalui fashion show kostum eksotik pakaian adat tradisional dari berbagai daerah Indonesia. 

Para hadirin semakin antusias, karena menyaksikan tarian Maumere yang dibawakan oleh ibu-ibu DWP Persatuan KBRI Manila. Terlihat Duta Besar Indonesia untuk Filipina, Palau dan Marshall Island, Agus Widjojo dan ibu Ranny Widjojo, serta Wakil Kepala Perwakilan KBRI Manila Dodo Sudrajat dan ibu Ika Sudrajat ikut menarikan Maumere di atas panggung Grand Atrium, Shangri-La Plaza. 

Setelah tarian selesai, MC kondang Chot Reyes mengumumkan bahwa Indonesia mengadakan kompetisi menarikan tarian Maumere yang berasal dari Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut. Kompetisi diikuti oleh puluhan pengunjung yang bukan Warga Negara Indonesia. 

Pada hari terakhir, Indonesia Kembali mengharubirukan Grand Atrium  dengan menampilkan Tari Yapong yang ditarikan oleh kolaborasi warga negara Indonesia dan Filipina, yaitu Mila Tarigan, Cinthia Korpue, dan Mary Antonette Gonzales. 

Kemeriahan Indonesia ditutup oleh penampilan sang Juara Pertama Embassy’s Got Talent Philippines 2023 yaitu Indokustik. Setelah mereka selesai menyanyikan beberapa lagu, para pengunjung berteriak “more, more, more” meminta Indokustik terus mengalunkan lagu-lagu mereka. 


Penulis : Parmahando Giannilo

Related Posts:

0 Response to "Asian Eats 2023 Gempar Oleh Peragaan Busana Daerah Indonesia"

Posting Komentar