Jimmy Lumintang :KGPM Rusunawa P. Gebang Laksanakan Ibadah Jumat Agung 10 April

 Rektor STT IKAT Jakarta Dr Jimmy MR Lumintang, MA, MBA, MTH
REFORMATANEWS.com, Jakarta - Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (disingkat KGPM), atau disebut juga Gereja Protestan Minahasa adalah kelompok gereja Kristen Protestan di Indonesia tetap akan melaksanakan Ibadah Paskah pada Jumat Agung 10 April 2020 dengan cara live streaming pernyataan tersebut disampaikan oleh Rektor STT IKAT Jakarta Dr Jimmy MR Lumintang, MA, MBA, MTH. Pada Selasa (7/04/2020) di kampus STT IKAT Jl. Rempoa - Jakarta Selatan.

 Jimmy Lumintang mengatakan "KGPM tetap akan melaksanakan ibadah Paskah pada Jumat Agung, karena secara teologis pelaksanaan ibadah Jumat agun itu harus dilaksanakan pada Jumat Agung, tata caranya seperti apa disesuaikan dengan kondisi yang ada, saat ini sudah ada teknologinya melalui live streaming kita tetap berhadapan dengan jemaat. Saya disini dengan memakai toga didampingi oleh penatua, jemaat disana di KGPM Sidang Daniel Rusunawa Pulo Gebang, mereka disana yang terbagi di tujuh blok tiap blok ada Penatua yang melayani. Dengan menggunakan vidio call menunggu aba aba dari Saya untuk memulai perjamuan kudus, ambillah makanlah, kemudian mereka ambil dan Saya arahkan untuk memulai membagikan roti dan memakannya demikian juga dengan membagikan anggur perjamuan. KGPM itu otonom mengikuti kongregasi sesuai dengan kebutuhan. Kalau ibadah Jumat Agung itu ditunda dilaksanakan pada Paskah ibadah apa namanya?" tanya Jimmy. 

Jimmy melanjutnya"Karena bila ibadah Jumat Agung ini ditunda maka maknanya sudah bergeser itu penjelasan apologatenya karena saya sudah menjalankan keinginan jemaat. Karena pengajaran yang diberikan pada mereka tentang makna perjamuan kudus ini. Kenapa ada perjamuan kudus itu pertanyaan dasar ketika mereka dikatekisasi. Tapi Sinode KGPM sendiri mengikuti Imbauan PGI. Ini hanya berlaku di KGPM Sidang Daniel RUSUNAWA P. Gebang"" terangnya.

Pada penjelasan penutupnya Jimmy Lumintang mengatakan "Jemaat ada dirumah masing masing jadi tidak ada pengumpulan warga dan tetap taat pada aturan pemerintah".

Sebelumnya PGI mengeluarkan Pesan Paskah 2020 Dan Tuntunan Merayakan Sakramen Perjamuan Kudus di Masa Pandemi covid-19  Yang ditandatangi Ketum PGI Gomar Gultom tanggal 28 Maret 2020.

Pada Pelaksanaan  Lampiran Pesan Paskah MPH-PGI Pertimbangan-Pertimbangan MPH-PGI terkait Pelaksanaan Perjamuan Kudus pada Masa Pandemic Covid-19 menyetujui pelaksanaan Ibadah Perjamuan Kudus di rumah masing masing dengan cara online. Yang bunyinya pada point c) Alternatif lainnya adalah melaksanakan perjamuan kasih di rumah, yang dilayani oleh kepala keluarga atau warga sidi yang ditunjuk atas nama keluarga. Roti dan anggur Perjamuan Kudus yang disediakan Gereja dan dilayankan oleh pendeta atau pelayan tahbisan dibagikan kepada keluarga-keluarga yang melaksanakan ibadah sesuai dengan liturgi yang disediakan oleh sinode masing-masing.

Pada point d) Di era digital atau online, pilihan lainnya adalah kehadiran pemimpin ibadah secara virtual. 




Related Posts:

0 Response to "Jimmy Lumintang :KGPM Rusunawa P. Gebang Laksanakan Ibadah Jumat Agung 10 April"

Posting Komentar